Rabu, 06 Desember 2017

KELAS 1 TEMA DIRI SENDIRI LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

 √ Bahasa Indonesia
 Kegiatan awal :
Mengajak peserta didik untuk Mendengarkan doa yang di ucapkan oleh guru.
Mengajak peserta didik bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa.
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Kegiatan inti :
Ekplorasi :
Peserta didik memperkenalkan identitas diri dengan bahasa yang santun di depan teman-temannya: Nama, alamat, hobi dan  cita-cita.
 Peserta didik Menyebutkan pekerjaan atau kegiatan  ayah dan ibu sehari-hari.

Elaborasi :
Di dalam kelompok  peserta didik menyebutkan tentang kegiatan yang di lakukan di rumah secara bergiliran sambil memandang wajah kawan bicara, memperlihatkan raut muka yang ramah dan bahasa tubuh yang sesuai.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
Guru membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban menyeluruh.

Konfirmasi :
 Guru dan peserta didik Menyanyikan lagu “Aku anak Indonesia” ciptaan AT Mahmud sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok dan individual.
Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran.

Kegiatan penutup :
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik.

√PPKN
Kegiatan Awal :
Mengkondisikan kelas pada situasi belajar.
Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya.
Tanya jawab tentang keragaman beragama, bahasa, budaya dan suku yang ada dilingkungan.
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti :
 Ekplorasi :
Peserta didik mencari informasi tentang keragaman beragam bahasa, budaya dan suku yang ada dilingkungannya.
Untuk mengetahui peserta didik, guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan keragaman beragam bahasa, budaya dan suku yang ada dilingkungannya.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memecahkan berbagai masalah dan memberikan informasi agar bereksplorasi lebih jauh tentang keragaman beragama bahasa, budaya dan suku yang ada dilingkungannya.

Elaborasi :
Peserta didik membaca dan menyimak keragaman beragama
Peserta didik mencatat hal-hal penting tentang materi
Guru menyebutkan keragaman beragama yang ada dilingkungannya
Peserta didik memahami arti keragaman beragama
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas
Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh
Guru menugaskan seorang peserta didik mempraktekan tentang keragaman beragama yang ada dilingkungannya

Konfirmasi :
Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
Dengan bimbingan  guru, peserta didik merefleksikan kegiatan pembelajaran
Guru memfasilitasi peserta didik memperoleh pengalaman bermakna tentang keragaman beragama
Guru memovasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisifasi aktif.
Kegiatan penutup :
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik

√MATEMATIKA
Kegiatan Awal :
Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
Kegiatan inti :

Ekplorasi :
Peserta didik Menyebutkan jumlah anggota keluarga yang tinggal serumah dengan siswa.

Elaborasi :
Di dalam kelompok peserta menata benda yang ada di sekitar kelas berdasarkan ukuran besar kecil/panjang pendek
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang ukuran suatu benda.
Guru membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban menyeluruh.

Konfirmasi :
Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
Guru memfasilitasi peserta didik memperoleh pengalaman tentang ukuran suatu benda
Guru memotifasi peserta didik yang kurang atau yang belum aktif.

Kegiatan penutup :
 Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik

√SENI BUDAYA DAN DESAIN
Kegiatan Awal :
Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
Tanya jawab tentang berbagai jenis ukuran unsur dua demensi dan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti :
Eksplorasi :
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk,ukuran unsur dua demensi
Guru memberi contoh berbagai jenis ukuran unsur dua demensi dan berbagai jenis ukuran unsur dua demensi pada berbagai benda.

Elaborasi :
Peserta didik Menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan anggota tubuh (seperti  lagu “ini mata saya”)
Peserta didik Menunjukan anggota tubuh seperti yang digambarkan guru di depan kelas
Peserta didik Menggambar anggota tubuh dan bentuk wajah.
Konfirmasi :
Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
Guru memotifasi peserta didik yang kurang atau yang belum aktif.

Kegiatan penutup :
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik

√PENJAS ORKES
Kegiatan awal :
Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
Kegiatan inti :

Ekplorasi :
Guru menjelaskan tentang budaya hidup sehat
Guru menerapkan perilaku hidup sehat
Peserta didik dapat melakukan aktifitas fisik

Elaborasi :
Di dalam kelompok peserta didik menyebutkan alasan pentingnya mandi, potong kuku dan gosok gigi
Peserta didik mempraktekan gerak dasar berjalan sambil mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkan nama benda-benda yang dilihatnya
 Peserta didik Mempraktekkan permainan berjalan ke barbagai arah mengikuti aba-aba dengan percaya diri
Peserta didik Mempraktikkan  permainan lompat-lompat dengan satu kaki ke berbagai arah

Konfirmasi :
 Guru memberikan pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau yang belum aktif.
Kegiatan penutup :
Guru memberikan pengarahan kepada peserta didik cara melakukan aktivitas fisik
Guru memotivasi peserta didik untuk hidup sehat.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas TIK mengedit video dan caranya

Inilah hasil editan video menggunakan aplikasi movie maker  Tutorial mengedit video menggunakan aplikasi movie maker  1.B...