Rabu, 06 Desember 2017

Contoh Rpp tema 1 indahnya kebersamaan sub tema 2 kebersamaan dalam keberagaman kelas IV/1 SDN 1 sakula itah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN 1 sakula itah
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari (4 x 35 menit)


KOMPETENSI INTI (KI)
Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
Melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks.
Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah Trowulan.
PKn
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Indikator
Menjelaskan makna dan penting persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
Menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara berkelompok.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara runtut.
Secara berkelompok, siswa mampu menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
Setelah membaca teks, siswa mampu menduga/memperkirakan arti kosakata baku yang belum mereka ketahui artinya dengan benar.
Siswa mampu membuat kalimat berdasarkan kosakata baku yang ditemukan dalam teks situs Trowulan.


MATERI PEMBELAJARAN
Makna persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat.
Kosakata teks “Trowulan”  (materi terlampir di belakang, bagian lampiran 1).

pendekatan, strategi dan METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Sainstifik
Strategi: Cooperative Learning
Metode: Ceramah, tanya jawab, penugsan, diskusi, dan simulasi.

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: Sapu Lidi
Sumber Belajar:
Buku Pedoman Guru Tema: Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema: Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru memberikan salam dan menyapa siswa serta menanyakan kabar mereka.
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
Guru melakukan absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
15 menit

Inti
Eksplorasi
Guru membawa sapu lidi ke dalam kelas untuk membantu siswa memahami konsep makna bersatu dengan mengacu pada buku siswa.
Siswa membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada buku siswa.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa secara berpasangan.
Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 6-8 orang.
Elaborasi
Setiap kelompok diminta membuat skenario drama tentang ‘Bersatu dalam Keberagaman’.
Siswa ditugaskan untuk membuat drama sesuai tema yang telah ditentukan.
Siswa berlatih terlebih dahulu dalam kelompok sebelum tampil.
Setelah selesai melakukan drama bersama kelompoknya, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
Siswa membaca teks dan mengamati gambar tentang situs Trowulan.
Siswa menjawab pertanyaan.
Siswa mencari kosakata baru sebanyak mungkin dari teks Trowulan dan memprediksi arti kata tersebut.
Konfirmasi
Guru bertanya jawab dengan siswa  mengenai kosakata yang belum diketahui siswa atau siswa dapat mencocokkan jawaban dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
Siswa membuat kalimat sederhana berdasarkan kosakata tersebut. (Mengkomunikasikan)
110 menit

Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran hari ini.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
Guru bersama siswa bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Salam dan do’a penutup.
15 menit




 PENILAIAN
Tehnik penilaian   : Tertulis
Bentuk tes : Essay
Prosedur Penilain :  Proses dan Hasil
Penilaian Kognitif
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Instrumen
1.mendeskripsikan pengertian persatuan dan kesatuan.


2.Menyebutkan manfaat membina persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.



3.memberikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan keluarga.


4.Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah.



5.Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.



Individu
1. jelaskan pengertian persatuan dan kesatuan!

2.sebutkan manfaat membina persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat!

3.berikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan keluarga!

4.berikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah!

5.berikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat!


Nilai =
Memahami Kosakata baku dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Ya
Tidak

1. Siswa mampu menuliskan kosakata yang belum dipahami sebanyak
mungkin.

2. Siswa mampu menemukan arti kosa kata yang belum dipahami di
kamus sebanyak-banyaknya.




Rubrik Drama (PPKn dan Bahasa Indonesia)
No.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Perlu Berlatih Lagi
Kesiapan tampil
Siswa sangat
berani tampil
dan tanpa ragu-ragu
(2)
Siswa cukup
berani tampil
tanpa ragu-ragu.
(1,5) √
Siswa berani
tampil namun
masih ragu-ragu.
(1)
Siswa tidak berani
tampil dan masih
ragu-ragu.
(0,5)
Terlihat adegan
yang bermakna
persatuan dalam
keberagaman.
Adegan dan
dialog tentang
persatuan
terlihat sangat
jelas.
(4)
Adegan dan
dialog tentang
persatuan
terlihat cukup
jelas.
(3) √
Adegan dan
dialog tentang
persatuan kurang
jelas.
(2)
Adegan dan dialog
tentang persatuan
tidak telihat jelas.
(1)
Terlihat adegan
yang bermakna
menghargai
dalam
keberagaman.
Adegan
dan dialog
tentang makna
menghargai
terlihat sangat
jelas.
(4)
Adegan
dan dialog
tentang makna
menghargai
terlihat cukup
jelas.
(3) √
Adegan
dan dialog
tentang makna
menghargai
kurang jelas.
(2)
Adegan dan dialog
tentang makna
menghargai tidak
jelas.
(1)
Terlihat
adegan yang
bermakna kerja
sama dalam
keberagaman.
Adegan dan
dialog tentang
makna kerja
sama terlihat
sangat jelas.
(4)
Adegan dan
dialog tentang
makna kerja
sama terlihat
cukup jelas.
(3)
Adegan dan
dialog tentang
makna kerja
sama kurang
jelas.
(2)
Adegan dan dialog
tentang makna kerja
sama tidak jelas.
(1)
Kualitas bahasa
dalam skenario
drama
Kualitas bahasa
sangat baik.
(2)
Kualitas bahasa
cukup baik.
(1,5) √
Kualitas bahasa
kurang baik.
(1)
Kualitas bahasa
tidak baik.
(0,5)
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian :
Penilaian sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku

Kerjasama
Percaya Diri
Keaktifan

Keterangan:
A: Sangat baik
B : Baik
C : Cukup
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.





Palangka Raya,      November 2017

Mengetahui,
Kepala Sekolah


..................................
               NIP :
Guru Kelas



..................................
               NIP :






Lampiran 1. Materi

A.Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Persatuan dan Kesatuan merupakan istilah tepat untuk menggambarkan makna yang terkandung dalam keberagaman yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang unik di dunia. Indonesia tidak hanya sebuah negara yang memiliki aneka suku bangsa, bahasa tapi juga agama. Persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.
Mengembangkan Sikap Mencintai Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sehari-hari. Persatuan dan kesatuan selayaknya harus dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Artinya apa yang kita lakukan oleh masyarakat Indonesia tidak boleh menimbulkan perpecahan. Kita harus sadar akan pentingnya pergaulan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan ataupun kedudukan sosial. Dengan demikian persatuan dan kesatuan akan semakin kukuh dan mantap. Adapun manfaat membina persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat diantaranya:
Terwujudnya kehidupan yang serasi,selaras dan seimbang antar sesama
Pergaulan antar sesama akan lebih rukun dan akrab
Terwujudnya sikap saling mencintai dan saling membantu
Dapat mengatasi semua perbedaan yang ada dengan penuh kesadaran
Pembanguna nasional akan berjalan lebih baik dan lancar
Pelaksanaan gotong royong akan dapat berjalan lancar dan baik
Penampilan perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika dapat dilakukan di berbagai lingkungan kehidupan yaitu dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.


B.lingkungan Keluarga
Di dalam keluarga sebagai unsur terkecil masyarakat terjadi pergaulan yang akrab dan dinamis sehingga keutuhan dan kerukunan keluarga dapat terwujud. Beberapa sikap perilaku yang perlu dikembangkan dalam keluarga untuk memajukan pergaulan demi keutuhan dan kesatuan, misalnya:
Saling mencintai sesama anggota keluarga
Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa salira
Tidak memaksakan kehendak orang lain
Adapun contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan keluarga, di antaranya:
Beribadah bersama orang tua;
Pembagian tugas yang adil kepada semua anggota keluarga;
Menikmati hiburan bersama;
Menyelesaikan segala permasalahan dengan musyawarah.
1.Lingkungan Sekolah
Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan memiliki misi khusus dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Beberapa sikap perilaku yang menceminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika, misalnya:
Mentaati peraturan tata tertib sekolah
Menghindari perselisihan maupun pertengkaran antar warga sekolah
Tidak membeda-bedakan suku, ras, agama, dan antar golongan
Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarwarga sekolah
Menjaga nama baik sekolah
Melaksanakan upacara bendera dengan khidmat dan disiplin
         Sikap persatuan dan kesatuan juga dapat diterapkan pada kegiatan yang kita lakukan di lingkungan sekolah. Berikut ini beberapa contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah diantaranya :
Menjalankan Piket Kelas.
Menghormati budaya lain.
Saling membantu teman yang kesulitan.
Mentaati peraturan sekolah
Kerjasama di sekolah antara lain:
Membuat kelompok berlajar
Membersihkan kelas dan halaman sekolah
Merapikan kelas dan halaman sekolah.
Memanfaatkan yang dapat dirasakan dalam kerjasama di sekolah adalah pekerjaan berat dapat diselesaikan dengan ringan dan cepat.
2. Lingkungan Masyarakat
Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap pertumbuhan generasi muda sangat besar oleh karena itu sikap perilaku yang mencerminkan pesatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat yang ber Bhineka Tunggal Ika perlu di kembangkan, misalnya:
Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
Setiap warga masyaraat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama
Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan yaitu:
Membersihkan lingkungan bersama-sama
Menjenguk salah satu warga yang sakit
Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan, contohnya ronda malam.
Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.
Bergotong royong dan bekerja bakti membangun lingkungan sekitar.

Tugas
Di manakah letak Trowulan?
Apa saja yang ada di sana?
Trowulan adalah kawasan kepurbakalaan yang berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Di kecamatan Trowulan terdapat puluhan situs berupa bangunan, temuan arca, gerabah, dan pemakaman peninggalan Kerajaan Majapahit.

Hal penting apa yang kamu temukan dalam teks tersebut? Situs trowulan dibangun oleh berhasil dibangun berkat persatuan dan kesatuan rakyat Majapahit.

Apakah pembangunan situs Trowulan bisa dikerjakan oleh satu orang saja? Jelaskan alasanmu. Situs trowulan tidak mungkin dikerjakan oleh satu orang saja namun dibangun oleh banyak orang pada saat itu.

Bagaimana cara kamu menghargai peninggalan sejarah?
Merawat dan menjaga benda-benda peninggalan sejarah. Karena banyak benda peninggalan sejarah berusia ratusan atau bahkan ribuan tahun. Tak heran benda-benda tersebut rapuh. Bila tidak dirawat dengan baik bisa rusak dan hancur.
Membangun museum-museum untuk menyimpan bendabenda peninggalan sejarah.
Menjaga dan merawat daerah-daerah cagar budaya. Di daerah cagar budaya biasanya terdapat banyak benda-benda peninggalan sejarah.
Turut menjaga agar benda-benda peninggalan sejarah tidak dirusak. Benda benda peninggalan sejarah harus diamankan dari tangan-tangan jahil.
 Apa manfaat menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah? Beberapa manfaat yang didapat dari menjaga kelestarian peninggalan sejarah antara lain yaitu:
Memperkaya khasanah kebudayaan bangsa Indonesia,
Menambah pendapatan Negara karena digunakan sebagai obyek wisata,
Menyelamatkan keberadaan benda peninggalan sejarah, sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang, serta
Membantu dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan untuk obyek penelitian.
A. Carilah kosakata yang belum kamu pahami sebanyak mungkin dari bacaan di atas. Tuliskan pada kolom di bawah ini.
No.
Kosa Kata
Arti
Contoh Kalimat

1.
Arca
Patung yang terutama dibuat dari batu yang dipahat menyerupai bentuk orang atau binatang
Arca adalah patung yang dibuat dan dipuja oleh agama Hindu Budha

2.
Gerabah
Alat-alat dapur (untuk masak-memasak dan sebagainya) yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar (misalnya kendi, belanga)
Industri gerabah Kasongan Yogyakarta sangat terkenal.

3.
Monumental
Jayapura (Papua)
Tari Yospan

4.
Candi
Bangunan kuno yang dibuat dari batu (sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah raja-raja, pendeta-pendeta Hindu atau Buddha pada zaman dulu);
Candi Muara takus adalah peninggalan kerajaan Hindu

5.
Industri
Kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin;
Industri kerajinan menghasilkan banyak keuntungan bagi warga masyarakat.

6.
Kakawin
 Jenis puisi Jawa Kuno
Kakawin Negarakertagama ditulis oleh Mpu Prapanca

Lampiran 2. Media
Gambar sapu lidi

Lampiran 3. LKS (Lembar Kerja Siswa)

Di manakah letak Trowulan? Apa saja yang ada di sana?
Hal penting apa yang kamu temukan dalam teks tersebut?
Apakah pembangunan situs Trowulan bisa dikerjakan oleh satu orang saja? Jelaskan alasanmu.
Bagaimana cara kamu menghargai peninggalan sejarah?
Apa manfaat menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah?
Carilah kosakata yang belum kamu pahami sebanyak mungkin dari bacaan di atas.
Tuliskan pada kolom di bawah ini.
Berdasarkan kosakata itu, buatlah kalimat dengan menggunakan bahasa sendiri!


Lampiran 4. Evaluasi
SOAL
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.Jelaskan pengertian persatuan dan kesatuan!
2.sebutkan manfaat membina persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat!
3.berikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan keluarga!
4.berikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah!
5.berikan contoh perilaku yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat!


Lampiran 5. Jawaban Evaluasi
Jawaban
1.persatuan dan Kesatuan merupakan istilah tepat untuk menggambarkan makna yang terkandung dalam keberagaman yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang unik di dunia. Indonesia tidak hanya sebuah negara yang memiliki aneka suku bangsa, bahasa tapi juga agama. Persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

2.Adapun manfaat membina persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat diantaranya:
Terwujudnya kehidupan yang serasi,selaras dan seimbang antar sesama
Pergaulan antar sesama akan lebih rukun dan akrab
Terwujudnya sikap saling mencintai dan saling membantu
Dapat mengatasi semua perbedaan yang ada dengan penuh kesadaran
Pembanguna nasional akan berjalan lebih baik dan lancar
Pelaksanaan gotong royong akan dapat berjalan lancar dan baik

3.Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan lingkungan keluarga diantaranya:
Beribadah bersama orang tua;
Pembagian tugas yang adil kepada semua anggota keluarga;
Menikmati hiburan bersama;
Menyelesaikan segala permasalahan dengan musyawarah.

4.contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah diantaranya:
Menjalankan Piket Kelas
Menghormati budaya lain
Saling membantu teman yang kesulitan
Mentaati peraturan sekolah
Membuat kelompok berlajar

5.contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan di lingkungan masyarakat diantaranya:
Membersihkan lingkungan bersama-sama.
Menjenguk salah satu warga yang sakit.
Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan, contohnya ronda malam.
Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.
Bergotong royong dan bekerja bakti membangun lingkungan sekitar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas TIK mengedit video dan caranya

Inilah hasil editan video menggunakan aplikasi movie maker  Tutorial mengedit video menggunakan aplikasi movie maker  1.B...